Free CursorsMyspace LayoutsMyspace Comments
Autumn Falling Leaves -->

Total Tayangan Halaman

Selasa, 26 Juli 2011

Adaptasi, Komunitas dan Seleksi Alam

 Ketika kita memasuki suatu komunitas yang baru, penolakan ataupun penerimaan pastilah akan kita dapat.

 Untuk beradaptasi di sebuah komunitas baru bisa dikatakan gampang - gampang susah.


 Butuh cara- cara tertentu agar kita dapat diterima disuatu komunitas.


Dimanapun itu, di sekolah, kantor baru ataupun di dalam masyarakat baru kita memerlukan yang namanya ADAPTASI. Apa itu Adaptasi? Adaptasi mempunyai definisi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan/komunitas yang baru untuk dapat bertahan hidup. Adaptasi tidak hanya dilakukan kita Manusia. Tetapi hewan dan tumbuhan pun memerlukan adaptasi untuk mempertahankan hidup mereka.

Contohnya adaptasi hewan.
  • Beruang kutub beradaptasi dengan habitatnya di kutub utara dengan mempunyai bulu yang tebal sehingga ia tidak merasa kedinginan.
Contoh Adaptasi Tumbuhan

  • Bunga Teratai mempunyai daun yang lebar- lebar ini dimaksudkan agar ia mengalami penguapan yang lebih cepat. Ini dikarenakan dia hidup di air dan apabila daunnya kecil, dia akan mati karena terlalu banyak air.
 
  • Berbeda dengan Kaktus yang mempunyai daun kecil seperti duri, itu dimaksudkan untuk mengurangi  penguapan. Ini dikarenakan tempat hidupnya yang di padang pasir agar dia tidak kekurangan air.

Semua itu dilakukan makhluk hidup dengan tujuan agar dia dapat bertahan hidup. Begitupun dengan manuasia. Manusia juga harus melakukan adaptasi di lingkungannya agar dapat bertahan hidup. Karena di dunia ini berlaku hukum seleksi alam. Barang siapa yang kuat akan meninggalkan yang lemah dan yang lemah akan tergerus dengan yang kuat. Hukum seleksi alam berlaku setelah semua makhluk hidup saling berlomba untuk beradaptasi dan mempertahankan hidupnya.

Contoh seleksi alam -HEWAN-

Contoh Seleksi Alam -TUMBUHAN-

Pada tumbuhan, seleksi alam dicontohkan rusaknya tanaman pagar dan bunga di halaman kita karena rumput liar. Oleh karena itu, kita harus rajin menyiangi rumpu- rumpur liar tersebut agar tanaman kita tetap hidup.


Contoh Seleksi Alam - Manusia-

Banyak sekali contohnya. Gambar- gambar seperti di bawah ini tidak perlu saya jelaskan, saya yakin Anda semua pasti tahu.
vs
Yang ini juga bisa dikatakan sebagai seleksi alam.
atau yang ini?Eliminasi sebuah kompetisi,


Dalam mencari pekerjaan pun ada seleksi alamnya.
Ada yang diterima 

Dan juga ada yang ditolak

Dan masih banyak lagi lainnya.

Wouw, ternyata di setiap kehidupan kita pasti selalu diwarnai dengan seleksi alam. Jadi, hidup ini merupakan sebuah kompetisi. Jadi bersemangatlah menjalani hidup agar kita tidak terseleksi oleh alam.

Adaptasi itu ada 3 macam:
  1. Adaptasi Morfologi : penyesuaian pada organ tubuh makhluk hidup yang disesuaikan dengan kebutuhan organisme hidupnya. Contoh :Ikan yang mempunyai insang untuk bernafas, Sapi mempunyai tembolok untuk memamah biak kembali makanannya.
  2. Adaptasi Fisiologi : Penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat- alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik. Contoh : Beruang kutub mempunyai bulu yang tebal, Burung elang mempunyai paruh yang kuat untuk mencabik mangsanya dan mempunyai cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
  3. Adaptasi Tingkah Laku : penyesuaian makhluk hidup pada tingkah laku atau perilaku pada lingkungannya. Contoh : Bunglon melakukan mimikri ( merubah warna kulit sesuai dengan warna dimana tempat ia berada) Cicak melakukan autotomi (memutuskan ekornya untuk mengelabui musuh), atau pada trenggiling yang menggulung dirinya ketika merasa terancam.Hibernasi tupai pada musim dingin.

Mimikri Bunglon

Autotomi Cicak

Penggulungan Badan Trenggiling 

Hibernasi pada Tupai


Sampai saat ini yang namanya Adaptasi --> Kompetisi --> Seleksi Alam tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan suatu makhluk hidup. Satu dengan yang lain saling berkaitan.


Create by:

Dhanik Nugraha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEAVE YOUR COMMENT ^_^